Zat Gizi yang Penting Jadi Perhatian Oleh Seorang Vegetarian

Zat Gizi yang Penting Jadi Perhatian Oleh Seorang Vegetarian

0 19

Salah satu pola makan sehat yang dilakukan untuk mengontrol berat adan adalah pola makan vegetarian. Pola makan yang satu ini tidaklah lain adalah mengedepankan konsumsi makanan sumber nabati alias dari tumbuh-tumbuhan dan membelakangkan konsumsi produk hewani, bahkan tidak mengkonsumsi produk hewani sama sekali untuk salah satu jenis vegetarian, yakni vegan.

 

Berbekal perencanaan dan juga pemahaman yang baik mengenai vegertarian, maka seorang begetarian pun dapat tetap memperoleh asupan nutrisi yang seimbang meskipun tidak menyertakan konsumsi produk hewani. Akan tetapi, apabila pola makan seorang vegetarian tidak diperhatikan dengan cermat, maka hal ini dapat mendatangkan resiko berupa kekurangan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk organ-organ di dalamnya bekerja dengan optimal. Nah, berikut ini setidaknya beberapa zat gizi yang penting untuk jadi perhatian oleh seorang vegetarian agar kebutuhan nutrisi harian dapat tercukupi dengan baik :

 

  1. Protein – sumber zat gizi yang jangan sampai terlupa untuk dicukupi setiap harinya adalah protein. Protein berfungsi sebagai sumber energi, menyehatkan tulang, sampai dengan membantu dalam mengoptimalkan kerja otot maupun kesehatan tulang dan organ tubuh yang lainnya.

 

  1. Zat Besi – zat besi berperan dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sehingga seorang vegetarian pun tak boleh untuk melupakan asupan zat besi dalam konsumsi makanannya. Beberapa jenis makanan sumber zat besi yang dapat dipilih seorang vegetarian antaranya adalah roti, biji-bijian, sereal, gandum utuh, sampai dengan sayuran seperti bayam dan juga brokoli.

 

  1. Kalsium – seorang vegan pun butuh asupan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium sendiri banyak terdapat pada susu dan produk olahannya. Akan tetapi seorang vegetarian, terlebih adalah vegan tidak mengkonsumsi produk hewani seperti susu. Lantas bukan berarti kebutuhan kalsium ditinggalkan begitu saja. Produk dari tumbuhan pun tak kalah banyak yang merupakan sumber kalsium, mulai dari tempe, tahu, biji wijen sampai dengan buah-buahan kering seperti kismis salah satunya.

 

  1. Omega 3 – asam lemak omega 3 sendiri berperan untuk mengoptimalkan fungsi otak sampai dengan menjaga kesehatan jantung. Asam lemak memang banyak terkandung di dalam ikan seperti ikan salmon sampai dengan telur. Untuk seorang vegetarian yang tidak mengkonsumsi ikan dan telur, asupan omega 3 bisa dipenuhi dari sumber makanan lain seperti kacang kedelai, buah alpukat sampai dengan suplemen omega 3 dan minyak dari tumbuhan seperti minyak kanola, minyak kedelai, sampai minyak jagung.