Syarat Prosedur Menggunakan Kartu BPJS di Rumah Sakit

Syarat Prosedur Menggunakan Kartu BPJS di Rumah Sakit

0 610
sehat dengaiharan kartu bpjs

Seperti yang Kita tahu, biaya kesehatan dan pengobatan di rumah sakit sangatlah tinggi dan cukup fantastis bagi sebagian kalangan khususnya masyarakat kecil. Dan disitulah kita menyadari betapa besarnya harga untuk sehat dan mulai menyesali setelah kesehatan tersebut terampas oleh kelalain kita.

Pemerintah dengan program-programnya agar rakyatnya bisa segera sehat dari kesakitan menyediakan layanan BPJS bagi semua masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak dengan biaya yang minim. Banyak keuntungan dari program BPS ini. Selain itu juga, bagaimana cara menggunakan kartu BPJS 2015 juga terbilang mudah dan praktis sehingga fasilitas rumah sakit dapat Anda peroleh untuk mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami.

Hanya dengan rutin membayar premi setiap bulan dengan nominal di bawah 70 ribu rupiah, Anda sudah bisa memperoleh perlindungan atau jaminan kesehatan dari pemerintah. Namun harus diketahui bahwa pemakaian kartu BPJS di rumah sakit tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan ada syarat dan prosedur tertentu yang harus dilakukan sebelumnya oleh para pasien yang akan mendapatkan layanan kesehatan. Akan tetapi, tentu saja semua bisa berjalan dengan mudah dan lancar apabila setiap prosedur diikuti dengan baik dan benar.

Berikut ini cara menggunakan kartu BPJS di rumah sakit yang bekerja sama, antara lain:
1. Berobat berlebih dahulu ke FASKES 1 atau puskesmas terdekat untuk mengecek kondisi kesehatan dan mendapatkan pengobatan.
2. Jika pasien tidak bisa ditangani dengan fasilitas FASKES 1, maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS supaya pasien mendapat fasilitas yang lebih lengkap.
3. Selain membawa rujukan dari FASKES 1, peserta BPJS juga wajib membawa KK, KTP dan kartu BPJS ke rumah sakit untuk dapatkan layanan yang dibutuhkan.

Jika cara tersebut tidak dilakukan dan pasien langsung dibawa ke rumah sakit, kemungkinan biaya tidak akan ditanggung oleh BPJS. Namun cara bagaimana menggunakan kartu BPJS yang disebutkan di atas hanya diperuntukkan bagi pasien yang tidak dalam kondisi darurat, yaitu kondisi ketika pasien sedang sakit dan sangat beresiko menimbulkan kematian atau kecacatan. Dalam kondisi darurat tersebut, pasien BPJS dapat memperoleh fasilitas rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS secara langsung tanpa harus membuat rujukan dari puskesmas atau FASKES 1 seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.