Sereal untuk Ibu Hamil Sudah Kadaluarsa, Apakah Masih Layak untuk Dikonsumsi?

Sereal untuk Ibu Hamil Sudah Kadaluarsa, Apakah Masih Layak untuk Dikonsumsi?

0 78

Sereal merupakan salah satu jenis makanan yang familiar di telinga kita karena kepraktisan dalam penyajiannya. Terkadang kita ceroboh bahwa persediaan sereal kita sudah melewati batas tanggal kadaluarsa. Konon, meskipun begitu sereal masih bisa dikonsumsi. Apakah itu benar? Bagaimana dengan sereal untuk ibu hamil? Apakah nantinya terdapat pengaruh bagi kesehatan tubuh sang ibu maupun bagi Si calon buah hati?

Hal tersebut masih menjadi sebuah perdebatan, di mana ada yang menyebutkan bahwa sereal masih bisa dikonsumsi meskipun sudah melewati batas tanggal kadaluarsa, meskipun telah melebihi 6 bulan dari batas tanggal yang tertera dalam kemasan. Asalkan yang menjadi catatan adalah produk sereal tersebut masih tertutup rapat dan tidak terpapar sinar matahari yang berlebih. Bahkan sampai terdapat argumen yang menyatakan bahwa kita selayaknya tidak perlu khawatir terhadap perubahan rasa dan tekstur sereal secara fisik, meskipun kita menemukan titik-titik putih, sereal tetap layak untuk dikonsumsi. Hal ini berlaku untuk semua jenis sereal, termasuk sereal untuk ibu hamil.

Ada juga yang berpendapat bahwa meskipun banyak yang meyakini bahwa sereal masih bisa dikonsumsi meskipun sudah melewati batas tanggal kadaluarsa, sebagian yang lainnya menentang dengan argumen yang menyatakan bahwa makanan jenis apapun akan menjadi tidak sehat manakala sudah melewati batas tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan suatu produk. Hal ini dikhawatirkan makanan tersebut akan kehilangan kualitas dalam rasanya maupun dalam tekstur dan penampilan secara fisik. Makanan apapun yang telah kadaluarsa beresiko tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan, yang pada umumnya kondisi sistem percernaan lah yang akan terserang dan terancam, salah satu contohnya adalah diare. Dapat dibayangkan apabila sereal untuk ibu hamil tetap kita paksakan untuk dikonsumsi, maka selain diare yang akan dialami oleh sang ibu, tentunya akan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang si calon buah hati di dalam kandungan, dan dikhawatirkan kualitas mengenai gizi ataupun nutrisi untuk si calon buah hati pun tidak dapat terpenuhi dengan baik. Meskipun benar demikian bahwa sereal masih layak konsumsi meskipun sudah melewati batas tanggal kadaluwarsa, dengan demikian secara tidak langsung kita dapat menyimpulkan bahwa sereal yang diproduksi tersebut sangat tinggi bahan pengawetnya.

Dengan adanya perdebatan tersebut di atas, maka sebagai manusia yang hidup di era yang sangat kompleks seharusnya kita dapat bersikap dan bertindak cerdas dalam memilih produk makanan yang bergizi. Terlepas dari kecerobohan dalam menyimpan persediaan makanan, pilihlah produk makanan yang terdapat di Lemonilo, karena Lemonilo merupakan marketplace yang menjamin produk yang tersedia adalah produk yang telah melalui proses seleksi, dan produk sereal untuk ibu hamil yang tersedia dan dijual di Lemonilo terjamin kualitasnya.

 

Baca juga: Mengkonsumsi sereal untuk menunjang diet

SIMILAR ARTICLES