Poin Pengajuan Klaim Agar Manfaat Asuransi Kesehatan Menjadi Maksimal

Poin Pengajuan Klaim Agar Manfaat Asuransi Kesehatan Menjadi Maksimal

0 505
manfaat asuransi kesehatan

Kejadian dan keadaan di masa datang tidak dapat diprediksi oleh seseorang sehingga seseorang membutuhkan jaminan tertentu salah satunya adalah asuransi kesehatan. Asuransi tersebut menjamin mengenai hal yang berhubungan dengan kesehatan Anda. Untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, Anda harus membayarkan premi sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi tersebut. Namun, untuk mendapatkan biaya yang dibutuhkan, Anda harus mengajukan klaim.

Walaupun Anda mengetahui mengenai pentingnya asuransi kesehatan, akan tetapi, Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya atau mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang Anda inginkan jika Anda tidak mengetahui mengenai cara pengajuan klaim dan poin tertentu agar klaim diterima oleh perusahaan asuransi tersebut. Untuk mengajukan klaim, Anda harus menyertai pengajuan dengan dokumen tertentu yang ditentukan oleh perusahaan penyedia asuransi tersebut.

Agar klaim tidak ditolak, Anda harus memenuhi beberapa poin tertentu. Pertama adalah pastikan jika Anda telah melewati masa tunggu klaim asuransi kesehatan. Masa tunggu setiap perusahaan asuransi berbeda-beda namun biasanya lama masa tunggu sekitar 1-2 bulan sejak polis disetujui. Oleh karena itu, semakin cepat Anda mengajukan asuransi kesehatan, maka akan semakin besar kemungkinan klaim Anda disetujui.

Agar mendapatkan manfaat asuransi kesehatan sesuai dengan yang Anda inginkan, hal yang harus Anda perhatikan sebelum pengajuan klaim selain melewati masa tunggu asuransi yaitu:

  • Jenis penyakit yang hendak Anda ajukan sebagai alasan klaim, bukan merupakan penyakit yang tidak dapat diganti selama 12 bulan pertama sesuai dengan peraturan perusahaan pemilik asuransi kesehatan tersebut.
  • Alasan penyakit untuk mengajukan klaim bukan merupakan penyakit yang pernah diderita sebelumnya atau pre-existing condition. Walaupun beberapa pihak asuransi kesehatan akan menerima pembiayaan untuk pre-existing condition namun sebagian besar perusahaan tidak akan menerima klaim untuk hal tertanggung yang memiliki pre-existing condition.
  • Untuk klaim rawat inap, Anda harus memenuhi syarat tertentu yaitu rumah sakit tempat Anda dirawat sesuai dengan rumah sakit yang ditetapkan oleh pihak asuransi serta memenuhi ketentuan tertentu misalnya klaim yang dapat diajukan mensyaratkan Anda telah melakukan 1-2 hari rawat inap.