Perut Kembung pada Bayi Baru Lahir

Perut Kembung pada Bayi Baru Lahir

0 630
Perut Kembung pada Bayi Baru Lahir
Perut Kembung pada Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir pada umumnya memang perutnya terlihat sedikit lebih buncit, akan tetapi kondisi tersebut merupakan sesuatu yang normal. Oleh karena itu, anda tidak perlu terlalu merasa khawatir atau bahkan bingung ketika anda melihat kondisi tersebut. Dalam jangka waktu beberapa bulan, kondisi yang terjadi pada bayi anda tersebut secara berangsur-angsur akan menghilang. Akan tetapi, anda juga harus tetap untuk waspada karena pencernaan bayi belum berkembang dengan sempurna sehingga akan sangat mudah untuk terserang berbagai gangguan pencernaan seperti halnya perut kembung.

Mengatasi

Setelah anda selesai memberi ASI, usahakan untuk membuat bayi bersendawa dengan meletakkannya pada pangkuan anda. Posisi kan bayi dalam keadaan tengkurap sembari mengusap dengan lembut bagian punggungnya. Anda juga bisa melakukannya dengan menggendong si kecil, dimana posisi tubuhnya menghadap ke arah anda serta usahakan agar perutnya benar-benar menempel ke bagian dada anda. Baby oil khusus untuk bayi yang baru lahir juga bisa menjadi salah satu alternatif lain.

Mencegah

Untuk mencegah perut kembung pada bayi baru lahir. Anda bisa mencoba dengan membatasi konsumsi buah yang memiliki rasa asam selama menyusui. Selain itu anda juga harus membatasi mengkonsumsi beberapa jenis kacang-kacangan, misalnya walnut, kacang tanah, kacang mete, hazelnut, kacang kedelai, dan berbagai hasil olahannya. Konsumsi susu serta hasil dari berbagai olahannya seperti keju, yoghurt, ice cream dan mentega juga harus diminimalisir. Hal tersebut dikarenakan adanya zat laktosa didalam susu yang jika diuraikan bisa menghasilkan gas.

SIMILAR ARTICLES