Perkembangan Anak Pada Usia 2 Tahun

Perkembangan Anak Pada Usia 2 Tahun

0 245
Perkembangan Anak Pada Usia 2 Tahun
Perkembangan Anak Pada Usia 2 Tahun

Setiap orang tua tentunya selalu ingin memperhatikan tiap-tiap tahap perkembangan sang buah hati bukan ? Perkembangan anak memang menjadi sebuah hal yang perlu untuk diperhatikan oleh orang tua. Tujuannya tak lain agar orang tua bisa mengecek apakah di usia tersebut si kecil telah bertumbuh kembang sesuai usianya secara normal, atau justru ada masalah pada tumbuh kembangnya. Nah, yang bakal menjadi pembahasan dalam artikel ini adalah perkembangan si kecil di usia 2 tahun. Pada fase ini, anak sudah mulai mengantongi kosakata berjumlah ratusan bisa mencapai 300 kata. Si kecil juga pada usia ini mulai dapat merangkai beberapa kata menjadi sebuah kalimat singkat. Perintah-perintah sederhana yang kecil pun mulai dipahami dan dilakukannya. Seperti perintah untuk mengambil mainan dan ditempatkan ke dalam box misalnya. Sehingga pada masa ini juga ibu dan ayah bisa lebih memancing untuk berkomunikasi lebih banyak dan lancar dengan si kecil. Namun ingat, karena tidak semua kata akan dipahami oleh anak, maka ibu perlu juga untuk menyeimbangkan dengan penggunaan bahasa tubuh untuk mendukung komunikasi.

Agar perkembangan anak dapat berjalan optimal di usia 2 tahun ini, ibu perlu untuk tetap selalu memberikan stimulasi. Banyak stimulasi yang bisa dilakukan oleh ibu. Mulai dari mengajak si kecil bermain melempar dan menangkap bola sembari melatih berlompat, dimana kegiatan ini dapat melatih kemampuan motorik kasar. Kemudian juga bisa dilakukan dengan mengajak si kecil untuk mengelopokkan benda berdasarkan jenisnya. Misalnya saja mengelompokkan balok-balok mainannya berdasarkan warnanya, atau berdasarkan bentuknya, dan yang lainnya. Mengajak si kecilo untuk bermain balok susun juga dapat dilakukan, yang mana kegiatan ini dapat melatih mototik halusnya. Stimulasi lainnya yang dapat dilakukan adalah ajak si kecil untuk bercerita kegiatan yang sudah dilakukannya hari ini. Latih juga untuknya mulai memakai baju sendiri.

Jangan lupa untuk melakukan stimulasi-stimulasi tersebut dengan dibumbui aneka permainan yang menyenangkan si kecil. Nah, pada sisi lain, bukan hanya perkembangan anak saja yang perlu ibu perhatikan. Kesehatan anak pun tak kalah penting. Tetap selalu perhatikan asupan makanan sehatnya setiap hari. Kemudian tidak ketinggalan juga jaga kulit si kecil tetap sehat mengingat bahwa kulitnya masih cukup rentan mengalami masalah. Dalam hal merawat kesehatan kulit si kecil ini anda bisa percayakan kepada serangkaian produk dari Zwitsal baik sabun mandinya, shampoo, body lotion, hair lotion dan lain sebagainya. Rangkaian produk Zwitsal telah mendapatkan teruji hypo-allergenic sehingga sangat kecil kemungkinan bayi maupun anak mengalami alergi karena kosmetikanya.