Inilah Gejala Serta Pengobatan Untuk Penderita Sakit Jantung

Inilah Gejala Serta Pengobatan Untuk Penderita Sakit Jantung

0 660
obat sakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang ditandai dengan ketidakmampuan jantung untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Apabila seseorang mengalami tekanan darah tinggi akan membuat kerja otot menjadi lebih berat. Otot jantung berbeda dengan otot pada bagian tubuh yang lainnya. Misalnya pada otot lengan yang apabila memiliki tekanan yang kuat, maka kerja otot lengan semakin besar. Akan tetapi sebaliknya apabila otot jantung semakin besar, maka kerja untuk memompa darah akan mengalami penurunan. Untuk itu sangat diperlukan untuk memiliki tekanan darah agar menjaga kesehatan jantung.

Biasanya sakit jantung disebabkan karena kondisi jantung tidak dapat memompa darah dalam jumlah yang cukup. Penyebab dari penyakit jantung ini akibat dari tekanan darah tinggi, penyakit anemia dan juga memiliki kelemahan dalam pengisihan jantung, gangguan di denyut jantung.

Gejala-Gejala yang Menyebabkan Sakit Jantung

Beberapa gejala sakit jantung lemah diantaranya yaitu :

  • Jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur

Gejala penyakit jantung lemah yaitu jantung tidak dapat memompa darah menuju ke seluruh tubuh sehingga akan menyebabkan denyut nadi menjadi berdetak semakin berdetak cepat dan tidak teratur. Kemudian dapat menimbulkan debaran pada jantung, karena jantung akan bekerja terlalu keras

  • Mudah lelah

Apabila muncul perasaan lelah yang berlebihan maka perlu diwaspadai. Jika kondisi jantung kurang optimal dalam memompa darah serta oksigen ke seluruh tubuh, hal tersebut akan membuat otak dan beberapa organ yang lainnya tidak bekerja dengan baik.

  • Berkurangnya nafsu makan

Apabila anda mengalami nafsu makan yang berkurang atau menurun. Maka bisa jadi hal tersebut adalah salah satu gejala dari penyakit jantung lemah. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan semakin melemah akibat tidak adanya asupan darah yang sehat. Kemudian akan mengakibatkan mual, muntah serta perasaan kenyang.

  • Mengalami sesak nafas

Gejala penyakit jantung lemah yang lain adalah megalami sesak nafas. Hal ini terjadi karena kondisi jantung yang lemah maka akan membuat darah kembali ke dalam pembuluh darah yang dapat membawa oksigen dari paru-paru untuk dialirkan menuju jantung. Kondisi ini akan membuat pernafasan menjadi terganggu.

Pengobatan sakit jantung koroner

Pengobatan sakit jantung koroner perlu dilakukan karena penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Hal ini disebabkan karena banyaknya pengidap penyakit jantung yang mengakibatkan gejala yang dimunculkan pada tubuh. Memang gejala yang muncul tidak semua orang malu bedapat mengetahuinya. Akan tetapi sekarang ini banyak informasi yang dapat diperoleh dari berbagai media sebagai cara untuk mengetahui gejala – gejala dari penyakit jantung.

Penyebab sakit jantung koroner adalah apabila arteri tidak dapat memberikan asupan darah ke jantung. Sehingga menyebabkan kemudian menyebabkan Arteri mengalami penyempitan. Arteri koroner yang mengalami pengerasan dan penyempitan akibat dari terbentuknya suatu plak pada bagian dinding Arteri koroner. Ukuran plak yang mengalami pembesaran secara terus-menerus pada akhirnya dapat mengakibatkan pembuluh koroner mengalami penyempitan dan mengurangi darah yang melewati Arteri koroner yang menuju ke jantung.

Darah yang mengandung oksigen sangat dibutuhkan oleh otot jantung. Penderita penyakit jantung koroner yang dapat mengakibatkan pada jantung akan mengalami kekurangan oksigen dan dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung atau infark miokard dan juga angina pectoris atau sakit pada bagian dada.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk pengobatan sakit jantung koroner.

  1. Berhenti merokok

    Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung maka sebaiknya di kan kebiasaan merokok untuk dapat menjaga kesehatan jantung.

  2. Turunkan berat badan berlebih

    Menghindari atau menurunkan berat badan berlebih merupakan salah satu cara yang dapat mencegah penyakit diabetes pemicu penyakit jantung.

  3. Melakukan olahraga secara rutin

    Penyakit jantung koroner dapat diobati dengan cara olahraga teratur. Anda melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat atau hanya sekedar berjalan kaki yang dapat membantu menguatkan kerja jantung dan dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah.

  4. Menerapkan pola hidup sehat

    Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kalori yg dapat memicu penyakit obesitas. Untuk itu hindari konsumsi makanan tinggi kalori. Biasanya makanan tinggi kalori terdapat pada makanan yang manis. Oleh sebab itu kurangi mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dan mengganti konsumsi gula tinggi kalori dengan gula rendah kalori tropicana.