Ibu Hamil Menyusui Bayi, Apakah Aman? Jawabannya Ada di Lactamil

Ibu Hamil Menyusui Bayi, Apakah Aman? Jawabannya Ada di Lactamil

0 405
Hamil menyusui
I

Ibu Hamil Menyusui Bayi, Apakah Aman?

Kesehatanalami.com – Hamil Menyusui: Pasangan yang baru menikah pasti sudah merencanakan program kehamilan anak dimana fokus pada kelahiran anak pertama. Setiap pasangan punya pendapatnya masing masing mengenai program kehamilan dimana ada pasangan suami isteri yang memberikan jarak cukup jauh antar kelahiran anak pertama dan kedua, disamping itu ada juga pasangan yang ingin segera punya momongan meskipun anak pertama belum genap berusia 1 tahun.

Hal tersebut yang menyebabkan mengapa ada ibu hamil yang masih menyusui bayinya. Pendeknya jarak kehamilan membuat seorang ibu harus melakukannya. Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah aman jika seorang ibu hamil menyusui bayi? Jawabannya akan dikupas tuntas pada penjelasan dibawah ini.

Efek Menyusui Bayi Ketika Hamil

Air Susu Ibu atau ASI merupakan sumber nutrisi utama bayi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Sebagian besar masyarakat umumnya menganggap aman memberikan susu kepada bayi disaat seorang ibu tengah mengandung.

Pada dasarnya menyusui bayi saat sedang mengandung itu tidak berbahaya bagi ibu, janin dan bayi yang sedang disusu tersebut. Hanya saja saat memasuki masa kehamilan tri-semester kedua maka secara kuantitas maupun kualitas ASI jauh menurun jika dibandingkan dengan ASI pada masa sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh karena sebagian besar nutrisi dari makanan  yang dikonsumsi ibu hamil dipasok untuk kebutuhan janin.

Itu artinya seorang ibu hamil yang hendak menyusui anaknya haruslah berusaha mencukupi kebutuhan nutrisi lebih banyak lagi misalnya dengan minum susu Lactamil setiap hari, mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak asam folat, vitamin dan mineral sehingga nantinya janin dan bayi keduanya mendapatkan nutrisi yang seimbang. Lebih baik lagi apabila bayi mendapatkan asupan nutrisi tambahan dari susu formula. Hal ini dapat dilakukan saat umur bayi sudah diatas 12 bulan.

Untuk anda yang sebelumnya mempunyai riwayat keguguran maka perlu benar benar mempertimbangkan pemberian ASI selama masa kehamilan. Kenapa? Karena selama menyusui, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang punya berdampak pada meningkatnya kontraksi pada rahim dan payudara. Sebenarnya kontraksi ini tidak berbahaya, namun jika pernah mengalami keguguran kehamilan sebelumnya maka perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan info lebih lengkap.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan apakah aman jika seorang ibu hamil menyusui bayi?, semoga apa yang sudah dijelaskan tadi bermanfaat dan menambah wawasan setiap pembaca.